PT Advanta Seeds Indonesia


PT Advanta Seeds merupakan suatu perusahaan internasional yang berpusat di Dubai serta berdiri di lebih dari 25 negara, salah satunya adalah Indonesia. PT. Advanta Seeds Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di sektor pertanian serta memproduksi benih pangan dan sayuran. PT. Advanta Seeds Indonesia berdiri sejak 2007 dengan motto “Modern Science Traditional Values” yang memiliki makna bahwa PT. Advanta Seeds Indonesia memiliki teknologi terkini dengan tetap memperhatikan setiap nilai sosial yang ada. Sedangkan visi dari perusahaan ialah Menjadi perusahaan benih di Indonesia yang berperan serta dalam peningkatan kesejahteraan petani dengan menghasilkan benih yang bermutu tinggi. Misi yang dimiliki oleh perusahaan ialah Selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan Meningkatkan kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Saat ini perusahaan telah memiliki pabrik sendiri di Kawasan industri Pier Pasuruan Jawa Timur dan memiliki Warehouse di Pandaan Jawa Timur. Selain itu dalam proses pengolahan produknya, PT Advanta Seeds Indonesia memiliki kontrak dengan PT. Perasad terkait pengolahan jagung dan PT. East West Seeds (dengan nama dagang cap panah merah) terkait dengan penjualan jagung manis. Produk PT Advanta Seeds Indonesia telah dipasarkan dibeberapa regional seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat dan lainnya.


PT. Advanta Seeds Indonesia memproduksi benih sweet corn dan tropical corn. Wilayah produksi benih tersebar diberbagai daerah seperti Malang, Madiun, Kediri, Jombang, Jember, Mojokerto, Lampung, Probolinggo, dan lainnya. Pada tahun 2018, PT Advanta Seeds Indonesia memproduksi beberapa produk komersil, diantaranya ialah ADV 777, ADV 78, PAC 105S, dan PAC 339. Namun hingga kini produk yang diperdagangkan dengan brand perusahaan sendiri hanyalah benih tropical corn. Sedangkan sweet corn akan diperdagangkan kepada reseller yang telah melakukan kerjasama dengan PT Advanta Seeds Indonesia. Hal tersebut dikarenakan beberapa pertimbangan yang dimiliki oleh pihak manajerial. PT Advanta Seeds Indonesia memiliki beberapa departemen dan membawahi ratusan pekerja yang dapat berkejasama untuk menghsilkan produk dengan kualitas unggul. Departemen tersebut diantaranya Departemen Produksi, Departemen Plant, Departemen Marketing, Departemen Quality Assurance, Departemen Marketing, serta Departemen Financial.
Setiap perusahaan pada umumya memiliki struktur organisasi, demikian pula PT. Advanta Seeds Indonesia. Dalam struktur organisasi tersebut dijelaskan bahwa PT. Advanta Seeds Indonesia dipimpin oleh Business Growth Lead yaitu Mr. Vijaykumar Malgatte yang juga memiliki jabatan sebagai Country Supply Chain Lead. Business Growth Lead memiliki tugas dan wewenang, salah satu diantaranya ialah bertanggung jawab terhadap seluruh operasional di perusahaan baik di produksi maupun marketing, stabilitas perusahaan, peningkatan keuntungan dan mencari serta mendapatkan sumber-sumber keuntungan dari usaha lainnya, sedangkan Country Supply Chain Lead memiliki tugas sebagai penanggung jawab rantai pasok adalah menyediakan, mengatur dan mengontrol rantai pasok perusahaan. Business Growth Lead yang membawahi beberapa departemen diantaranya, Departemen Produksi, Departemen Quality Assurance, Departemen Plant, Departemen Marketing, Departemen Financial dan Departemen Human Resources.
1.      Departemen Produksi
Departemen produksi yang terbagi menjadi beberapa tim yang dipimpin oleh seorang manager, tim tersebut diantaranya ialah Tim Sweet corn, Tim Tropical Corn, dan Tim Parentseeds. Manager akan dibantu oleh Operator, Agronomis serta Field Assistant. Tanggungjawab yang dimiliki Manager Departemen Produksi ialah menentukan parameter perencanaan produksi seperti keamanan produksi dan tingkat dasar hasil, untuk memastikan agar risiko produksi seimbang terhadap pencapaian rencana pasokan. Seorang Field Assistant memiliki tanggungjawab untuk melakukan pemeriksaan harian terhadap tanaman per petani, kegiatan lapangan dan pengelolaan tanaman serta memastikan standar kualitas terpenuhi, sedangkan Agronomis bertanggungjawab untuk memastikan proses produksi di tingkat wilyah serta memberikan usulan rekomendasi yang harus dilakukan terhadap suatu area produksi yang memerlukan perlakuan khusus, sedangkan agronomis.
2.    Departemen Quality Assurance
Departemen Quality Assurance dipimipin oleh seorang manager dan beranggotakan Laboran serta Operator. Manajer Departemen Quality Assurance memiliki tanggungjawab diantaranya membuat sasaran mutu divisi terkait dan merencanakan penerapan manajemen mutu untuk aspek kualitas di semua tahapan prosesan produksi serta melakukan evaluasi ketercapaian sasaran mutu.  Sedangkan laboran bertanggungjawab untuk memeriksa kualitas setiap produk melalui proses pengujian yang sesuai dengan standar yang dimiliki oleh perusahaan.
3.    Departemen Plant
Sedangkan Departemen Plant dipimpin oleh seorang Manager dan beranggotakan Operator, Field Assistance serta FQS. Manager Departemen Plant memiliki tanggungjawab untuk memastikan proses pengolahan benih yang dilakukan oleh sub kontraktor sesuai dengan standar mutu perusahaan serta memastikan proses pengolahan produk menjadi finish goods dan didistribusikan secara baik. Departemen Plant dalam prosesnya dibantu oleh Plant Executive, Plant Supervisor Processing dan Plant Logistic Supervisor, dan Plant Warehouse Supervisor yang masing-masing memiliki tugas dan wewenang.
4.  Departemen Marketing
Departemen Marketing merupakan departemen yang dipimpin oleh seorang Manager dan beranggotakan Agronomis, Operator dan Field Assistance. Departemen Marketing memiliki memiliki tanggungjawab untuk memasarkan produk sesuai dengan segmentasi pasarnya sesuai berdasarkan data yang diperoleh dari Departemen Technology Development.
5.      Departemen Technology Development
Departemen Technology Develpoment dipimpin oleh Manager dan beranggotakan Agronomis, dan Operator. Anggota departemen bekerja diberbagai wilayah di Indonesia, hal tersebut dikarenakan uji coba pengembangan benih dilakukan diberbagai tempat. Departemen Technology Development memiliki tanggungjawab untuk mengembangkan dan menemukan produk baru serta memberi informasi kepada Tim Sales mengenai kondisi produk dan kompetitornya agar mampu bersaing dipasar.

Komentar

  1. Untuk perkenalaan usaha, apakah ada nomor yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
  2. PT.ANAK DESA INDONESIASpecialist Import Export Customs Clearance & Undername 
    Yang Terhormat, Pimpinan Perusahaan,
    Up. Bagian Import/Purchasing


    Perkenalkan Kami dari  PT. ANAK DESA INDONESIA  yang bergerak dibidang Sewa Undername Import dan Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Barang Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang import dengan menggunakan undername perusahaan kami serta proses kepabeanan barang import baik yang masuk melalui Port atau pun Bandara.CUSTOMS CLEARANCEKami siap membantu serta bekerjasama dengan pihak manapun dalam hal atau bidang,spesialis Customs Clearance,Import Borongan (All In) Resmi,Under Name,Door To Door, Domestik Dan Keagenan Lainnya Project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :·         General Customs Clearance·         All-in Customs Clearance   Including :  Pajak Import, Biaya D.O,  Sewa Gudang & other charges·         Importasi dengan system Door to door  Regional Asia, Eropa dan      Amerika·         Air & Sea Freight (LCL & FCL)·         Bonded Warehousing·         Under Name·         Import Sea Freight & Air Freight Service·         Export Sea Freight & Air Freight Service·         Import Consulidation
    Perusahaan kami salah satu perusahaan yang melayani dan memiliki beberapa kuota import seperti : ·         PI Besi atau Baja,Baja Paduan,dan Produk Turunannya·         Mesin Bekas / Barang bekas·         Garment·         Textile Operasional Perusahaan Kami Meliputi·         Bandara Internasional Soekarno-Hatta·         Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )·         Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya)·         Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )·         Pelabuhan Belawan ( Medan )
    Untuk price list terlampir di attachment.
        Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak / ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.
    --
    TaufikMarketing ImportPT. ANAK DESA INDONESIARuko Pasar Moderen Harapan Indah No. R41 Bekasi - Jawa BaratTelp                           : 021 8888 6410
    Fax                            : 021 8889 4395
    Mobile /WA                 : 085265726541Email                          : taufik.exim10@gmail.com  

    BalasHapus
  3. Pak buk,,isin taya sehubungan dengan marak ya bibit abal2 skrang,,jadi untuk menentukan bahwap produk dari advanta yang asli gimana cara ya,,?

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Wr.Wb
    Musim penghujan sebentar lagi. Saya a/n Kelompok Tani Al-Barokah Desa Rombiya Timur Kec. Gading Kab. Sumenep mengajak Bapak /bu memperluas jaringan pemasaran bibit jagung dgn cara melakukan demplot pada lahan Kelompok Tani Al-Barokah yg luasnya sekitar 36 ha. Jika berkenan bisa menghubungi saya di 085233214444.
    Sekian Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini